Cara Memasang Roof Rack Mobil

  • Post author:
  • Post category:Blog

Cara Memasang Roof Rack Mobil Aman; Jenis dan Rekomendasi

Cara memasang roof rack mobil yang benar sangat perlu sekali Anda ketahui. Ini untuk menjaga agar barang bawaan yang Anda letakkan di roof rack aman serta tidak terjatuh dari mobil.

Cara Memasang Roof Rack Mobil

Roof rack mobil sendiri adalah sebuah alat untuk menambah kapasitas bagasi di mobil. Roof rack ini dapat Anda letakkan di atas atap mobil, tambahan ini sangat dibutuhkan. Terutama ketika Anda sedang mudik dengan barang bawaan yang banyak, perjalanan bisnis, jalan-jalan, hingga liburan dengan mobil.

Namun, penggunaan roof rack juga harus sesuai dengan volume dan beratnya, tujuannya agar mobil yang Anda gunakan tetap stabil selama melaju di jalanan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan roof rack ketika benar-benar membutuhkan fungsinya untuk membawa barang.

Fungsi dan Cara Memasang Roof Rack Mobil

Fungsi dari roof rack sebenarnya sederhana hanya untuk menambah kapasitas bagasi. Ketika Anda berpergian jauh barang-barang bawaan Anda, bisa Anda letakkan di atas mobil dengan menggunakan alat roof rack ini.

Jika Anda sering sekali bepergian menggunakan jalur darat, alat ini sangat membantu untuk mengurangi biaya bagasi saat menggunakan transportasi umum.

Tetapi, jika barang yang Anda simpan di atas mobil terlalu banyak, akan mengkonsumsi bahan bakar terlalu banyak dan menjadi kurang efisien untuk mobil Anda.

Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan roof racknya dan kapasitas muatan mobil Anda. Berikut pertimbangan saat menggunakan roof rack:

1. Sebagai Bagasi Ekstra Saat Berpergian Jauh

Fungsi utama roof rack agar dapat menampung kelebihan barang bawaan saat Anda bepergian jauh. sehingga, dapat duduk dengan nyaman di dalam mobil tanpa barang-barang bawaan Anda yang banyak.

Namun, penting untuk Anda memastikan fungsinya di mobil Anda secara reguler. Bukan hanya sekadar untuk pemakaian satu sampai dua kali pemakaian saja.

Agar roof rack tidak Anda bongkar pasang, karena ini dapat merusak roof rack dan body mobil juga.

2. Bukan Sebagai Aksesoris Mobil

Sebagian orang menganggap dengan memasang roof rack akan membuat mobil tampak keren. Namun, penggunaan roof rack yang berbobot dapat mengurangi efisiensi penggunaan bahan bakar.

Jadi, untuk Anda jangan menganggap bahwa penggunaan roof rack sebagai aksesoris mobil. Karena ini akan merugikan mobil milik Anda.

Cara Memasang Roof Rack Mobil Supaya Aman

Sebelum Anda mengetahui cara memasang roof rack mobil Anda juga harus memperhatikan langkah-langkah berikut:

1. Mengetahui Beban Maksimal yang Dapat Mobil Angkat

Langkah pertama adalah mengetahui beban yang bisa Anda mobil tampung. Roof rack tergolong sebuah alat yang memiliki bobot berat, sehingga sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi struktur atap mobil.

Roof rack yang terlalu berat akan membuat atap mobil penyok, selain itu dapat mempengaruhi stabilitas mobil. Sehingga, ketika ada bobot yang terlalu besar di atap mobil akan membuat mobil terpental ketika melewati tikungan tajam.

Tips untuk mengetahui beban maksimal yang dapat Anda tampung di mobil Anda adalah dengan mengurangi gross weight dengan curb weight, kemudian kurangi dengan perkiraan total beban penumpang.

Hitungan hasilnya itulah yang dapat Anda pilih untuk memilih ukuran roof rack di mobil Anda.

2. Pilihlah Bahan Material yang Bagus

Roof rack sangat rentan sekali pecah dan rusak karena terlalu sering terkena sinar matahari dan air hujan. Oleh karena itu, pilihlah bahan roof rack yang berbahan plastik ABS.

Karena bahan ini cukup kuat dan tahan air. Untuk bobotnya hanya 10 sampai 15 kilogram. selain itu, pilihlah roof rack yang sudah ada lapisan ultraviolet. Karena dengan lapisan ini akan membuat lebih awet.

3. Perhatikan Bentuk Roof Rack Mobil

Sesuaikan bentuk roof rack dengan bentuk badan mobil Anda. Ini karena bentuk roof rack akan mempengaruhi aerodinamika saat mobil melaju dengan kencang. Semakin rendah roof rack maka semakin tinggi dukungan arodinamikanya.

Tetapi, hal ini juga dapat mempengaruhi kapasitas barang. Jadi pilihlah yang sesuai, jika tidak maka mobil akan mudah goyah dan membahayakan Anda.

4. Perhatikan Kondisi Mobil

Sebelum pemasangan Anda harus memperhatikan kondisi atap mobil Anda. Jika mobil dalam keadaan berkarat atau pun keropos sebaiknya jangan memasang roof rack di mobil Anda.

5. Cara Memasang Roof Rack Mobil

Untuk memasang roof rack ada dua cara yang dapat Anda coba:

  1. Cara yang pertama dengan mengebor atap mobil. Dengan cara ini, dapat Anda gunakan ketika memasang roof rack dengan jangka waktu lama.
  2. Cara yang kedua dengan menjepit roof rack di tulang atap. Sedangkan untuk cara ini dapat Anda gunakan ketika ingin bongkar pasang roof rack mobil.

Kemudian setelah memilih salah satu cara tersebut, pasangkan dengan teliti dan cermat. Jangan sampai ada efek samping seperti kebocoran.

Terakhir, tempatkan roof rack pas di tengah, jangan terlalu depan atau terlalu ke belakang. Karena ini akan mengganggu aerodinamika mobil, sehingga dapat membuat mobil tidak stabil ketika melaju.

Setelah membahas fungsi dan cara memasang roof rack mobil dengan tepat agar aman. Selanjutnya ini dia rekomendasi merek roof rack mobil yang bagus untuk Anda.

Rekomendasi Roof Rack Mobil

Berikut ini beberapa rekomendasi roof rack mobil untuk Anda:

1. Otorack Luggage Universal

Model roof rack ini mampu menahan beban hingga 100 kg. Bahan materialnya menggunakan bahan dasar besi, sehingga membuat roof rack lebih kuat dan kokoh. Pemasangannya cukup mudah karena dapat Anda pasang sendiri di rumah.

2. Thule Kits 1357

Roof rack ini memiliki sistem penguncian otomatis yang telah orang kenal dengan sebutan smart fixation system. Dengan sistem ini memudahkan pengguna untuk memasang secara mudah dan praktis.

3. Foxco Roof Rack

Jenis roof rack ini dapat Anda gunakan untuk jenis mobil city car. Untuk pemasanganya cukup mudah karena hanya dengan menggunakan mur dan baut.

Beratnya pun bervariasi bisa mencapai 18 kg dengan harga yang terjangkau. Bahanya terbuat dari plastik berkualitas tinggi.

4. Whale Roof Box 550 L

Bentuk roof rack ini adalah kotak. Sehingga barang yang dapat roof box tampung akan lebih aman dari sinar matahari dan air hujan. Menggunakan bahan material plastik ABS super, sehingga membuat roof rack aman, kuat, tidak mudah pecah, dan kokoh.

Namun, Anda juga harus siap untuk menyimpanya dari cuaca extrem. Agar lebih awet.

5. JSL Roof Rack and Cross Bar

Untuk roof rack ini merupakan model yang serba guna. Bisa menampung bahan bawaan hingga 75 kg. Selain itu, jenis ini juga dilengkapi dengan penjepit sehingga pemasangannya lebih mudah.

Menggunakan bahan plastik ABS yang awet dan kuat. Serta sangat mudah Anda pasang dan lepas, sangat praktis.

Itulah beberapa fungsi, rekomendasi, dan cara memasang roof rack mobil agar tetap aman. Cara ini dapat Anda coba untuk pemasangan mobil Anda.

 

Keyword: Cara Memasang Roof Rack Mobil

Tema: Roof Rack Mobil

Meta Deskripsi: Inilah cara memasang roof rack mobil yang aman. Cara ini dapat Anda praktekkan untuk mobil Anda agar barang bawaan Anda aman.